Home » » K-9 Anjing Yang Dilatih Khusus

K-9 Anjing Yang Dilatih Khusus





 Waphalimz - Meski di Indonesia unit K-9 tidak terlalu banyak, tetapi sejatinya unit ini memiliki peran yang sangat vital terutama di gedung atau Bandara. Penulis pernah merasakan kehebatan unit K-9 milik polisi saat melakukan demo pencarian obat-obatan terlarang. 

Pada awalnya unit anjing atau K-9 hanya diperbantukan pada unit polisi atau keamanan. Namun lama-kelamaan, kemampuan unit K-9 dalam urusan mengendus ancaman sekaligus melakukan penyerangan dadakan, dilirik oleh pihak militer. Untuk itulah berbagai negara berlomba-lomba membuat satuan khusus yang memiliki unit K-9.



K-9 adalah anjing yang dilatih khusus untuk membantu polisi dan penegak hukum lainnya dalam pekerjaan mereka, seperti mencari obat-obatan terlarang, bahan peledak, orang-orang yang hilang, barang bukti, dan melindungi sang operator. Anjing polisi harus ingat beberapa perintah tangan maupun verbal. Jenis yang sering digunakan untuk dilatih menjadi unit K-9 adalah German Shepherd atau Retriever.

Dalam banyak yurisdiksi, terdapat hukum untuk melukai atau membunuh anjing polisi. Hukum yang diterapkan biasanya sama dengan kejahatan besar, jauh lebih berat daripada undang-undang kekejaman terhadap hewan lokal. Hal ini sama dengan serangan terhadap polisi yang hukumannya lebih berat ketimbang serangan yang serupa terhadap sipil. Di Era modern ini K-9 memiliki berbagai perlengkapan yang membantu mereka dalam beroperasi, seperti misalnya baju balistik, lencana dan taring titanium. Untuk yang terakhir, taring tersebut memang sengaja dipergunakan agar si K-9 kuat mengoyak target tanpa harus mengalami kerusakan atau kehilangan taring mereka.

Salah satu upaya nyata untuk menggunakan anjing dalam membantu polisi mendeteksi kejahatan dan penangkapan penjahat terjadi pada tahun 1869, oleh Komisaris Kepolisian Metropolitan London, Sir Charles Warren. Ingin tahu kasus apa yang menyebabkan Sir Charles Warren menyadari pentingnya menggunakan anjing polisi? Jawabanya adalah kasus Jack the Ripper.

Trivia: Gigitan anjing memiliki kekuatan antara 230-600 pounds of pressure. Dengan kekuatan tersebut, seekor anjing dapat dengan mudah mengoyak daging manusia. Bagaimana dengan manusia? Kekuatan gigitan manusia tidak sampai 120 pound of pressure.

0 comments:

Post a Comment